wel.com.e the dark zone

ZONA HITAM arCHIVTour

- architecture dan touring -

6.07.2011

Kawah Ijen ( 2388 mdpl )

Perjalanan menuju kawah ijen kali ini ditemani oleh hujan sangat deras disertai angin yang cukup kencang. Di awali dari kota malang pukul 14.00 WIB saya dan my luvly serta si merah ( my vixion ) berangkat menuju Purwosari, Pasuruan untuk bertemu dengan teman saya Fiandra. Pukul 15.00 WIB perjalanan dimulai ( masih dg ditemani hujan dan angin yang cukup kencang ). Hujan turun sejak saya berangkat dari malang sampai di kabupaten pasuruan.


Hari sudah mulai siang dan matahari mulai bersinar dengan sangat teriknya di kota pasuruan, tetapi hal itu tidak berselang lama. Setelah memasuki perbatasan antara Probolinggo dan Pasuruan hujan kembali turun. Memasuki kota Probolinggo hari mulai gelap ( sore telah datang ) dan hujanpun telah reda, meskipun terkadang gerimis masih juga menemani. Dan akhirnya perjalanan kamipun kembali di temani oleh pelangi yang muncul di atas awan yang sangat biru ( gak sempat di foto karena di atas motor ).



Memasuki Kota Bondowoso hari sudah mulai gelap ( jam di tangan menunjukkan pukul 20.00 WIB ), dan tiba2 fiandra bertanya " hei kon ngerti dalane tah..?? ( hei, kamu tau jalannya ga..?? ) " lalu ku jawab " ga eruh dul ( ga eruh dul )* ". Akhirnya kamipun bertanya kepada warga sekitar dan ternyata masih 2 jam perjalanan lagi menuju kawasan kawah ijen dan itu sekitar kurang lebih 80 km.



Hari mulai bertambah gelap dan jalananpun mulai memasuki alas ( hutan ) serta kondisi jalanpun aspal ( rusak parah ) dengan ditambah bebatuan kali yang sangat besar. Akhirnya si merah terpeleset dan jatoh dah ( saya dan cewek saya ). Setelah mengecek kondisi si merah tidak ada yang terganggu akhirnya perjalanan dilanjutkan menuju ke atas walaupun dengan susah payah.


Setelah menempuh waktu kurang lebih 2 jam akhirnya kami sampai juga di
Pos Paltuding, kawasan Kawah Ijen ( oiya saat itu terjadi Supermoon, tau khan supermoon. Bukan superman lho..hehehe ). Setelah melakukan proses pendataan di loket, kamipun segera menuju warung untuk mencari sedikit kehangatan dalam segelas kopi ataupun mie instan.


Supermoon


Waktu sudah menunjukkan pukul 24.00 WIb kamipun mulai mendirikan tenda, membuat sedikit makan malam ( biasa dingin membuat perut selalu lapar ) dan istirahat sebentar sambil menunggu pagi untuk segera melakukan tracking menuju kawah ijen. Pagi itu pukul 02.00 dinihari trackingpun di mulai bersama kawan yang baru berkenalan. kawan itu dari Bali melakukan travelling ke kawah ijen sendiri naek motor pula ( mantaph..!!! )


Kawah Ijen

Pos Paltuding

Ijen carter

Gerbang Selamat Datang

Keagungan Sang Kuasa

Perjalananpun dilanjutkan menuju puncak kawah ijen, sepanjang perjalanan dengan track yang landai walaupun tidak sedikit track yang cukup terjal naek ke atas tidak dirasakan oleh kawan - kawan ( jujur capek juga euy..hahaha ). Perjalanan akhirnya sampai juga di pos peristirahatan para pekerja penambang belerang di kawah ijen, bercengkerama dengan para pekerja sambil memulihkan tenaga ( rata - rata pekerja tambang adalah orang madura ). Dan ternyata masing - masing pekerja membawa 80kg belerang setiap pikulnya, dan lebih hebatnya lagi para pekerja mampu membawa 4-5 kali penambangan, yang artinya 400kg dalam 1 hari.


Perjalanan mulai terlihat mengasikkan setelah kami bertemu dengan para penambang yang lalu lalang membawa belerang. Dan akhirnya kamipun sampai di puncak kawah ijen, sembari duduk di bagian bawah bibir kawah ijen menikmati dinginnya udara saat itu dan juga supermoon yang memang benar - benar indah.


Setelah mentari pagi muncul di balik kawah ijen kamipun mulai kembali turun ke pos paltuding. Hal ini dikarenakan para pengunjung hanya di berikan waktu sampai siang di puncak. Karena di puncak pada siang hari gas belerang sangatlah pekat baunya dan dapat mengganggu saluran pernafasan. Maka dari itu setelah mentari muncul kami putuskan untuk turun ke pos paltuding.

How Much..??

Mensyukuri apa yang terlihat

Awan dan Puncak

Asapmu berteman dengan langit

Lelah but Puas

Kawah terbesar


Perjalanan yang sangat melelahkan dengan kondisi cuaca yang awal tidak mendukung tetapi saat di TKP kondisi berbalik sangat menyenangkan dan sangatlah indah. Sebuah pembelajaran yang dapat di ambil adalah di balik kekuatan seseorang ternyata masih ada yang lebih kuat hanya untuk menghidupi keluarganya ( contoh kasus para penambang belerang ).




regards,



aufklarunx

Tidak ada komentar: